KTT Kambing PETRAMAS

Kelompok Tani Ternak Kambing Petramas adalah kelompok petani peternak kambing khususnya kambing Peranakan Etawah yang beralamatkan di Desa Gumelar Kecamatan Gumelar Kabupaten Banyumas. Kelompok ini berdiri pada 4 Februari 2008 yang terbentuk karena banyaknya permasalahan yang dihadapi sementara tidak ada jalan keluarnya selain dengan dibentuknya kelompok. Berbagai permasalahan yang dihadapi meliputi kelangkaan pakan di musim kemarau, kesulitan pemasaran, kesulitan menghadapi penyakit pada ternak kambing, dan permasalahan yang utama adalah permodalan. Sehingga terbesit maksud dari para perintis kelompok Petramas ini yang memiliki nasib yang sama itu untuk membentuk kelompok dengan harapan permasalahan-permasalahan yang dihadapi dapat menemukan jalan terang.

Dalam sistem keorganisasiannya kelompok tani ternak kambing Petramas mempunyai visi, misi, tujuan, serta harapan sebagai berikut :

Visi : Terwujudnya petani ternak yang mandiri, berkesinambungan yang berwawasan lingkungan.

Misi : Memajukan kerjasama antar petani ternak dan antar kelompok tani ternak dalam mengelola sumber daya alam dan mengembangkan sumber daya manusia untuk ketahanan pangan dan pendapatan secara berkelanjutan.